Ucapan Terima Kasih

Kami atas nama Pengurus TPQ “SABILI” Desa Jaten, mengucapkan banyak terima kasih dan Jazakumullah khoiran katsiran kepada keluarga Bapak Amin, yang telah menginfakkan makanan kecil (snack) pada santriwan-santriwati kami tiap hari ahad sore. Semoga bisa membuat berkah dan lancar rizki / bisnis yang sedang dijalankan oleh Bapak Amin sekeluarga. Amien

Tambahan wawasan Dari Admin :

Ada beberapa ungkapan rasa syukur atau rasa terimakasih yang diucapkan seseorang ketika mendapat nikmat atau kebaikan dalam berbagai bentuk ungkapan: Al-hamdulillah, terima kasih, sakalangkong, maturnuwun, syukran katsir dll.

Kalimat tersebut sebagai ungkapan syukur atas nikmat atau kebaikan yang diperolehnya dari orang lain. Baik nikmat yang bersumber dari kebaikan orang lain yang ini disebut dengan sebab perantara dan ataupun nikmat yang bersumber langsung dari sumber segala sebab yaitu Allah swt seperti yang di alami Maryam ibunda nabi Isa as yang setiap pagi ada makanan di sampingnya.

Ketika kita mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada orang lain karena saking baiknya dia, maka ada yang jauh lebih berhak dan lebih layak di ucapin “terimakasih” karena kebaikannya tidak akan pernah ada bandingannya yaitu ALLAH Swt. Tetapi ucapan rasa terimakasih itu bukan dengan bahasa kita melainkan bahasa yang telah di pilih Allah yaitu AL-HAMDULILLAH (segala puji bagi Allah).

Biasanya Jika mendapatkan kebaikan dari orang lain ungkapan balasan yang umum adalah “terimakasih”. Ungkapan ini adalah bentuk penghargaan siPenerima kepada si Pemberi. Dan si Pemberi akan merasa puas dan senang karena pemberiannya dihargai walau hanya dengan ucapan terimakasih. Karena itu jangan pernah meremehkan ucapan terimakasih pada setiap kebaikan yang kita terima dari orang lain. Karena kebutuhan dasar semua orang adalah ingin di hargai.

Tetapi seorang muslim tidak cukup hanya berterimakasih kepada sipemberi. Karena pada hakekatnya si Pemberi bukanlah pemberi yang sebenarnya, dia hanyalah perantara dari yang Maha Pemberi yaitu Allah Swt. Karenanya ucapan terimakasih kepada Allah harus di dahulukan dari ucapan terimakasih kepada makhluk-Nya. Dan ucapan terimakasih itu adalah dengan Alhamdulillah.

Mungkin ada yang berkata: “ pemberian saya berasal dari hasil jerih payah saya, hasil keringat saya. Jadi kalau mau berterimakasih, berterimakasihlah pada saya”. Coba ajukan pertanyaan kepada orang yang takabbur ini: Siapa yang telah memberi pikiran kepada anda sehingga bisa berusaha sampai sukses? Siapa yang memberi kesehatan kepada anda? Siapa yang memberikan udara yang anda hirup gratis? dan siapa yang memberikan hidup bagi anda? Jawabanya adalah ALLAH swt.

Sangat kecil usaha kita jika dibandingkan dengan segala nikmat Allah berupa sarana-sarasana kehidupan yang Allah sediakan pada kita. Maka Dialah sumber segala apa yang kita hasilkan. Semua kebaikan manusia akhirnya berasal dari-Nya dan kembali kepada-Nya

Ketika kita mendapat kebaikan dari saudara kita, maka yang pertama ucapan terimakasih itu ditujukan pada Allah lalu kepada sipemberi, kira-kira begini: “Alhamdulillah, terimakasih banyak ya pak/ibu/kak/dik atas kebaikannya / pemberiannya?”. Atau ungkapan yang lebih baik dari terimakasih: Alhamdulillah, Jazakallah khair bapak / ibu atas pemberiannya? Hal ini telah kita bahas pada tema sebelumnya ”Ditrima lalu dikasih= Terimakasih”.

Al-hamdulillah” adalah ungkapan rasa kegembiraan kepada Alllah sebagai sumber utama kebaikan. Dan “jazakallah / terimakasih” adalah ungkapan kepada sipemberi yang telah Allah pilih menjadi perantara kebaikan-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: